Senin, 27 April 2020

Kajian IKN-Kewarganegaraan Multidimensi

Implementasi paradigma baru Pendidikan Kewarganegaraan merupakan sebuah keharusan dalam menyiapkan warganegara yang baik memiliki visi nasional dan global sebagai warga negara yang multidimensional. Multidimensional adalah situasi yang dialami oleh suatu bangsa dimana terjadi berbagai pertentangan baik besar maupun kecil dalam bidang politik, sosial, ekonomi dan juga etika moral. Konseptualisasi warga negara multidimensional mencakup empat dimensi, yaitu: personal, sosial, temporal dan spatial, yang secara keseluruhan akan melengkapi konsep dan paradigma baru pendidikan kewarganegaraan. Dimensi pribadi dari kewarganegaraan multidimensi membutuhkan pengembangan satu kapasitas pribadi dan komitmen untuk etika warga negara yang dikarakteristikkan oleh kebiasaan pikiran, perasaan dan tindakan secara individu dan sosial. 
Sebagai warga negara, setiap individu harus meningkatikan: kapasitas untuk berpikir secara kritis dan sistematis, pemahaman dan kepekaan terhadap masalah-masalah perbedaan-perbedaan budaya, pilihan terhadap pemecahan dan penyelesaian masalah yang bertanggung jawab, kooperatif dan tanpa kekerasan, dan keinginan untuk melindungi lingkungan, membela HAM, dan ikut serta dalam kehidupan masyarakat.
Disqus Comments