Rabu, 13 Mei 2020

Pembelajaran Daring dengan Kelebihan dan Kekuranganya


Penerapan Kuliah berbasis daring memilii kelebihan dan kelemahan, Dalam perkuliahan daring atau kuliah non tatap muka ini, mahasiswa tidak dituntut rutin datang ke kampus dan memenuhi imbauan tentang pelaksanaan kuliah di rumah saja pada situasi Pandemi Corona Covid-19. Kuliah daring  merupakan salah satu sarana pembelajaran interaktif. Dosen dan mahasiswa dapat berkomunikasi dengan menggunakan media internet. Dosen dapat memberikan materi kuliah, baik berupa file, video, maupun tulisan (teks). Dengan kuliah daring, seorang dosen juga bisa mengajar di beberapa tempat secara bersamaan.

Mahasiswa dapat mengikuti kuliah di mana saja dan kapan saja, selama mereka memiliki koneksi Internet. Beberapa materi kuliah bahkan dapat di akses walaupun tidak ada koneksi internet. Pada sistem daring, mahasiswa tetap memiliki jadwal “tatap muka” bersama dosen,. Keaktifan mahasiswa di sini masuk dalam penilaian.

Kelebihan pembelajaran daring adalah: Para Mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan kapan pun dan di mana pun sesuai keinginan dan memiliki koneksi internet dengan baik, menghemat biaya transportasi atau pun tempat tinggal. materi Perkuliahan bisa dipilih sesuai tingkat kemampuan dan juga keinginannya, tanya Jawab dalam perkuliahan bersifat fleksibel karena bisa ditanyakan lewat chatinggan baik itu kepada dosen atau teman sekelas, dan waktu masa perkuliahan lebih singkat dibandingkan perkuliahan yang bersifat konvensional.          

Selain memiliki kelebihan, program kuliah daring pun memiliki kekurangan diantaranya adalah : Sangat tergantung pada internet, bila jaringan lambat atau susah sinyal maka proses pembelajaran akan tertinggal terlebih jika sudah mencakup ujian kuliah, sangat tergantung pada sikap displin para mahasiswa, jika kurang disiplin maka akan tertinggal pula dalam pembelajaran, dalam hal interaksi sosial menjadi sulit karena terbiasa sendiri, ada beberapa mata kuliah yang tidak bisa diajarkan secara daring, dan spesifikasi Komputer dan Gaget yang bagus dan memerlukan biaya mahal.



Disqus Comments