Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn) STKIP PGRI Nganjuk yang beralamatkan di
Jalan Abdul Rahman Saleh No.21 Nganjuk, Jawa Timur merupakan Program Studi pertama di STKIP PGRI Nganjuk dengan peringkat
akreditasi B menjadi salah satu program
studi yang mempersiapkan lulusan dengan kompetensi utama sebagai
Pendidik PPKn untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah
Atas (SMA), Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) dan sederajat. Program Studi ini
dibuka sejak Agustus 1990 berdasarkan SK Mendikbud RI No. 082/O/1990, tanggal 31 Januari 1990 dengan jenjang program S1
yang menyiapkan guru PPKn yang berwenang penuh mengajar pada SMP dan SMA.
Program
Studi PPKn dalam melaksanakan perannya sebagai pengelola Program Studi telah
melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan baik. Visi, misi, tujuan, dan
strategi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah sesuai
dengan visi, misi, tujuan, dan strategi STKIP PGRI Nganjuk. Implementasi visi,
misi, tujuan, dan strategi telah dilaksanakan pada berbagai program diantaranya
bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tata pamong
dan tata kelola Program Studi telah dijalankan oleh Ketua dan Sekretaris Program
Studi dengan baik dan sesuai dengan kebijakan. Kerjasama yang dilakukan oleh
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah menjalin
kolaborasi dengan mitra kerjasama baik lokal, nasional, dan internasional dalam
bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Sebagai Program Studi yang bernaung pada lembaga
pencetak tenaga kependidikan, Program Studi PPKn STKIP PGRI Nganjuk memiliki visi “Unggul
dalam pengembangan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan untuk menghasilkan
lulusan yang terampil dalam mendidik, profesional dan berkarakter pada tahun
2025”. Selanjutnya, visi di atas akan dikonkritkan dengan misi Program Studi yaitu (1) Menyelenggarakan
kegiatan pembelajaran yang dilandasi nilai-nilai etik. (2) Membina kehidupan
akademik yang sehat dan bermutu. (3) Mengembangkan penelitian yang bermutu dan
mendesiminasikan hasil-hasilnya. (4) Revitalisasi pengabdian kepada masyarakat
untuk mewujudkan pengembangan pendidikan.
Tercapainya
visi dan misi program studi tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya
animo calon mahasiswa untuk mendafta sebagai mahasiswa Program Studi PPKn. Keberhasilan
Program Studi Pendidikan PPKn bersama dengan tim kepanitian yang dibentuk oleh
lembaga dalam merekrut mahasiswa ini
terlihat dari besarnya minat para lulusan SMA (sederajat) yang berasal dari
berbagai wilayah di kabupaten Nganjuk, bahkan ada mahasiswa yang berasal dari
luar provinsi Jawa Timur, seperti Sumatra, Kalimantan, Bengkulu, dll.
Adanya
kegiatan mahasiswa merupakan suatu wadah yang difasilitasi oleh Program Studi
PPKn untuk mengembangkan kreativitas dari mahasiswa Program Studi. Organisasi
yang berperan dalam pengembangan kegiatan mahasiswa ini antara lain: Unit
Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi PPKn (HMPS PPKN).
Mahasiswa cukup aktif dalam menyelenggarakan dan mengikuti kegiatan positif
yang mengekspresikan kreativitas mahasiswa. Hal ini terlihat dari berbagai
program yang diadakan dan diikuti oleh mahasiswa Program Studi PPKn. Di samping
itu, mahasiswa juga banyak yang aktif dalam kegiatan pengembangan keilmuan baik
tingkat propinsi maupun yang nasional.
Mahasiswa
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah melaksanakan
pendidikan sesuai dengan kurikulum berbasis KKNI yang mengimplikasikan visi dan
misi STKIP PGRI Nganjuk. Mahasiswa memiliki prestasi baik dibidang akademik
maupun non-akademik. Sumber daya manusia Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan tugas bidang kerja.
Dosen yang ada di Program Studi memiliki kualifikasi akademik magister dan
doktor dengan jabatan fungsional akademik asisten ahli, lektor, dan lektor
kepala. Keuangan, sarana dan prasarana yang dioperasionalkan oleh Program Studi
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terpusat pada STKIP PGRI Nganjuk.
Pendidikan
yang telah berjalan telah menggunakan pedoman dan kurikulum KKNI sehingga
standar nasional pendidikan tinggi telah terpenuhi. Penelitian dan pengabdian
kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen sistem pendanaannya berasal dari
hibah internal, hibah eksternal, dan mandiri. Luaran penelitian dan pengabdian
kepada masyarakat telah terbit pada
jurnal atau prosiding lokal, nasional, maupun internasional. Luaran dan capaian
Tri Dharma dalam pendidikan yaitu: (1) capaian pembelajaran lulusan yang
bersumber dari kurikulum telah dilaksanakan dengan baik hal ini terlihat dari
IPK lulusan TS yaitu 3,4 ; (2) prestasi akademik TS-5 dan prestasi non-akademik
TS-8mahasiswa sangat baik dan memiliki prestasi tingkat lokal dan nasional; (3)
efektivitas dan produktivitas pendidikan pada rata-rata masa studi yaitu 4
tahun, persentase mahasiswa lulusan tepat waktu sebesar 100%, persentase
keberhasilan studi sebesar 100%; (4) daya saing lulusan terdiri dari: waktu
tunggu lulusan untuk TS-2 mendapatkan pekerjaan rata-rata adalah kurang dari 6
bulan, kesesuaian bidang kerja lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama saat
TS 70%; (5) kinerja lulusan yang terdiri dari: tracer study lulusan telah
dilaksanakan dengan baik, tempat kerja lulusan sesuai dengan bidang kerja dan
pengguna lulusan merasa puas dengan kinerja lulusan.
Luaran
penelitian dan pengabdian masyarakat yaitu: (1) publikasi ilmiah mahasiswa
sudah terbit dalam jurnal nasional; (2) karya ilmiah mahasiswa dilaksanakan
baik secara mandiri maupun bersama dosen. STKIP PGRI Nganjuk memiliki rencana
pengembangan jangka panjang, menengah, dan pendek untuk mengembangkan STKIP
PGRI Nganjuk yang sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan strategi.