Selasa, 11 Januari 2011

Sejarah Program Studi PPKn


Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) STKIP PGRI Nganjuk yang beralamatkan di Jalan Abdul Rahman Saleh No.21 Nganjuk, Jawa Timur merupakan Program Studi pertama  di STKIP PGRI Nganjuk dengan peringkat akreditasi B menjadi salah satu program  studi yang mempersiapkan lulusan dengan kompetensi utama sebagai Pendidik PPKn untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) dan sederajat. Program Studi ini dibuka sejak Agustus 1990 berdasarkan SK Mendikbud RI No. 082/O/1990, tanggal 31 Januari 1990 dengan jenjang program S1 yang menyiapkan guru PPKn yang berwenang penuh mengajar pada SMP dan SMA.

Program Studi PPKn dalam melaksanakan perannya sebagai pengelola Program Studi telah melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan baik. Visi, misi, tujuan, dan strategi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan strategi STKIP PGRI Nganjuk. Implementasi visi, misi, tujuan, dan strategi telah dilaksanakan pada berbagai program diantaranya bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tata pamong dan tata kelola Program Studi telah dijalankan oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi dengan baik dan sesuai dengan kebijakan. Kerjasama yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah menjalin kolaborasi dengan mitra kerjasama baik lokal, nasional, dan internasional dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sebagai Program Studi yang bernaung pada lembaga pencetak tenaga kependidikan, Program Studi PPKn  STKIP PGRI Nganjuk memiliki visi “Unggul dalam pengembangan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan untuk menghasilkan lulusan yang terampil dalam mendidik, profesional dan berkarakter pada tahun 2025”. Selanjutnya, visi di atas akan dikonkritkan  dengan misi Program Studi yaitu (1) Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang dilandasi nilai-nilai etik. (2) Membina kehidupan akademik yang sehat dan bermutu. (3) Mengembangkan penelitian yang bermutu dan mendesiminasikan hasil-hasilnya. (4) Revitalisasi pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan pengembangan pendidikan.

Tercapainya visi dan misi program studi tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya animo calon mahasiswa untuk mendafta sebagai mahasiswa Program Studi PPKn. Keberhasilan Program Studi Pendidikan PPKn bersama dengan tim kepanitian yang dibentuk oleh lembaga  dalam merekrut mahasiswa ini terlihat dari besarnya minat para lulusan SMA (sederajat) yang berasal dari berbagai wilayah di kabupaten Nganjuk, bahkan ada mahasiswa yang berasal dari luar provinsi Jawa Timur, seperti Sumatra, Kalimantan, Bengkulu, dll.

Adanya kegiatan mahasiswa merupakan suatu wadah yang difasilitasi oleh Program Studi PPKn untuk mengembangkan kreativitas dari mahasiswa Program Studi. Organisasi yang berperan dalam pengembangan kegiatan mahasiswa ini antara lain: Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi PPKn (HMPS PPKN). Mahasiswa cukup aktif dalam menyelenggarakan dan mengikuti kegiatan positif yang mengekspresikan kreativitas mahasiswa. Hal ini terlihat dari berbagai program yang diadakan dan diikuti oleh mahasiswa Program Studi PPKn. Di samping itu, mahasiswa juga banyak yang aktif dalam kegiatan pengembangan keilmuan baik tingkat propinsi maupun yang nasional.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah melaksanakan pendidikan sesuai dengan kurikulum berbasis KKNI yang mengimplikasikan visi dan misi STKIP PGRI Nganjuk. Mahasiswa memiliki prestasi baik dibidang akademik maupun non-akademik. Sumber daya manusia Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan tugas bidang kerja. Dosen yang ada di Program Studi memiliki kualifikasi akademik magister dan doktor dengan jabatan fungsional akademik asisten ahli, lektor, dan lektor kepala. Keuangan, sarana dan prasarana yang dioperasionalkan oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terpusat pada STKIP PGRI Nganjuk.

Pendidikan yang telah berjalan telah menggunakan pedoman dan kurikulum KKNI sehingga standar nasional pendidikan tinggi telah terpenuhi. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen sistem pendanaannya berasal dari hibah internal, hibah eksternal, dan mandiri. Luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  telah terbit pada jurnal atau prosiding lokal, nasional, maupun internasional. Luaran dan capaian Tri Dharma dalam pendidikan yaitu: (1) capaian pembelajaran lulusan yang bersumber dari kurikulum telah dilaksanakan dengan baik hal ini terlihat dari IPK lulusan TS yaitu 3,4 ; (2) prestasi akademik TS-5 dan prestasi non-akademik TS-8mahasiswa sangat baik dan memiliki prestasi tingkat lokal dan nasional; (3) efektivitas dan produktivitas pendidikan pada rata-rata masa studi yaitu 4 tahun, persentase mahasiswa lulusan tepat waktu sebesar 100%, persentase keberhasilan studi sebesar 100%; (4) daya saing lulusan terdiri dari: waktu tunggu lulusan untuk TS-2 mendapatkan pekerjaan rata-rata adalah kurang dari 6 bulan, kesesuaian bidang kerja lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama saat TS 70%; (5) kinerja lulusan yang terdiri dari: tracer study lulusan telah dilaksanakan dengan baik, tempat kerja lulusan sesuai dengan bidang kerja dan pengguna lulusan merasa puas dengan kinerja lulusan.

Luaran penelitian dan pengabdian masyarakat yaitu: (1) publikasi ilmiah mahasiswa sudah terbit dalam jurnal nasional; (2) karya ilmiah mahasiswa dilaksanakan baik secara mandiri maupun bersama dosen. STKIP PGRI Nganjuk memiliki rencana pengembangan jangka panjang, menengah, dan pendek untuk mengembangkan STKIP PGRI Nganjuk yang sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan strategi.



Disqus Comments