Selasa, 11 Februari 2014

KKN-PPM STKIP PGRI Nganjuk

Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) merupakan bagian dari  tridarma perguruan tinggi yang merupakan  kegiatan intrakurikuler dengan memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN diprogramkan oleh perguruan tinggi yang berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah-daerah  setingkat desa yang ditentukan bersdasarkan survey potensi desaa sebagai desa sasaran pelaksanaan KKN-PPM STKIP PGRI Nganjuk.

Kegiatan KKN-PPM diprogramkan dalam tiga tahapan yaitu tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan pelaporan. Pada tahap persiapan,  KKN-PPM dilaksanakan di STKIP PGRI Nganjuk dengan kegiatan administtratif dan pembekalan terhadap calon mahasiswa peserta KKN-PPM seperti perijinan, persiapan program kerja, dan perencanaan kegiatan yang dilaksanakan dalam waktu 1 bulan. Tahap pelaksanaan, KKN-PPM merupakan bentuk pengabdian mahasiswa melalui ilmu yang telah diperoleh selama menempuh perkuliahan dan diintegrasikan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Pelaksanaan KKN-PPM dilakukan selama 1 bulan dengan melaksanakan program kerja sesuai dengan mtrik program yang telah disusun sehingga pada pelaksanaanya sudah siap untuk direalisasikan.

Tahap terkhir yaitu penyusunan laporan, presentasi dan unjuk produk yang dihasilkan mahasiswa selama melaksanakan program KKN-PPM. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam ranggka menjadikan SDM unggul sebagai upaya mengentaskan kemiskinan, meningkatkan produktivitas masyarakat dan perbaikan tatanan kehidupan untuk memperbaiki semesta alam dan budaya bangsa. 






Disqus Comments