Minggu, 16 Desember 2018

Perkuat Wawasan Kebangsaan dengan Belajar Sejarah, Sosial, dan Budaya di Keraton Surakarta Hadiningrat


Berada di antara saksi dan bukti yang megandung sejuta makna dan dilai-nilai kehidupan bermasyarakat, agar menjadi para generasi penerus bangsa yang berwawasan luas, mampu bersosialisasi dengan masysarakat, dan menumbuhkan karakter kebangsaan yang kuat,  Mahasiswa Program Studi PPKN STKIP PGRI Nganjuk lakukan rangkaian Kuliah lapangan dengan berkunjung ke Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo, Jawa Tengah. Menapaki bangunan megah bersejarah dengan alat transportasi tradisional becak kami menuju museum yang berada di kompleks keraton. Berikut sekilas tentang keraton yang kami dapatkan.
Keraton Surakarta Hadiningrat adalah istana Kasunanan Surakarta yang berdiri pada abad ke-17 tepatnya pada tanggal 17 februari 1745 (17 suro 1670 jawa hari rabu pahing) terletak di desa Sala. Di dirikan oleh Susuhunan Pakubuwono II. Setelah Sala menjadi keraton diganti namanya menjadi Surakarta Hadiningrat. Keraton Surakarta Hadiningrat sudah berumur 270 tahun dan merupakan Keraton tertua di Indonesia. Istana ini pula yang menjadi saksi bisu penyerahan kedaulatan Kerajaan Mataram oleh Sunan Pakubuwono II kepada VOC pada tahun 1749. Setelah Perjajian Giyanti tahun 1755, Keraton ini kemudian dijadikan Istana resmi bagi Kasunanan Surakarta. Kompleks bangunan Keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sunan dan rumah tangga Istananya yang masih menjalankan tradisi kerajaan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Solo. Sebagian kompleks Keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.
Semoga dengan adannya kunjungan bertajuk kuliah lapangan dan pendalaman materi ini mampu memupuk rasa cinta para putra-putri negeri ini kepada Tanah Air Indonesia yang kaya akan budaya dan memiliki sejarah yang panjang dan patut untuk diteladani sebagai motivasi penerus perjuangan para pendahulu. Sukses dan semangat berkarya, mengabdi untuk bangsa.







Disqus Comments